Selamatkan Indonesia

Friday, February 17, 2012

Berikut Tips Belanja Kain Batik

dok. Muh Heri Suryono (dtraveller)

Batik menjadi salah satu oleh-oleh wajib, saat kita traveling ke Yogyakarta atau Solo. Tapi tahukah Anda bagaimana memilih kain batik yang baik? Ikuti tipsnya berikut ini.

Dihimpun detiktravel, Jumat (20/1/2012), ada 4 cara memilih batik dengan kualitas terbaik, yaitu:

1. Perhatikan jenis batik

Sebelum membeli, ada baiknya Anda menentukan jenis batik yang akan dibeli, batik cetak atau tulis. Biasanya, batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik dibanding batik cetak. Harganya pun jauh lebih mahal batik tulis ketimbang batik cetak. Ini karena keterampilan khusus yang dibutuhkan saat pembuatan dan menggunakan alat khusus berupa canting. Selain itu, pencantingan adalah cara pertama pembuatan batik, jadi dianggap lebih tradisional dan bernilai historis tersendiri.

2. Lihat jenis bahannya
Saat membeli batik, jangan lupa untuk memilih jenis bahan. Jika batik yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, pilihlah batik berbahan katun. Ini bisa membebaskan Anda dari rasa gerah. Jika batik yang dibeli untuk acara pesta tertentu, pilihlah batik berbahan sutra. Kedua bahan tersebut adalah bahan terbaik untuk dua kegiatan tersebut.

3. Raba cetakkan warnanya

Rabalah warna cat yang terdapat pada batik. Pastikan warna yang ada di kain tidak menempel pada tangan Anda. Bila warna cat meninggalkan bekas di tangan, berarti zat warna yang digunakan untuk pewarnaan berkualitas kurang baik. Ini bisa menyebabkan kelunturan yang lambat laun membuat warna kain batik Anda pudar.

4. Membalik bahan


Cobalah untuk membalik bahan kain batik yang akan Anda beli. Batik dengan kualitas bagus biasanya memiliki cetakan luar dan dalam yang sama. Jadi, ketika Anda membalik kain batik, motif dan warna yang ada di bagian dalam sama dengan bagian luar. Ini menunjukkan batik tersebut melalui proses pembuatan yang detail dan lebih awet ketimbang batik yang bagian luar dalamnya berbeda.

Selamat berburu kain batik!

Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/01/20/161840/1821211/1048/4-tips-belanja-kain-batik

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...