Selamatkan Indonesia

Friday, May 4, 2012

Keraton Yogyakarta Pamerkan Koleksi Batiknya

Suasana di Keraton Jogja
TEMPO.CO , Yogyakarta - Paguyuban Pencinta Batik Indonesia (PPBI) Sekarjagad Yogyakarta untuk pertama kalinya menggelar pameran batik yang menjadi koleksi dari kerabat Puro Pakaualaman dan Keraton Yogyakarta.

Dalam pameran bertajuk "Mahakarya Pusaka Kemanusiaan Lisan dan Tak Benda Batik Tradisional Yogyakarta" yang digelar di Puro Pakualaman dari Sabtu-Senin 28-30 April 2012 itu sedikitnya 100 koleksi batik tulis corak langka dipamerkan.

Misalnya batik-batik yang dipamerkan milik permaisuri Sri Sultan HB X Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

Sejumlah kerabat Pakualaman yang turut memamerkan koleksi batik di antaranya B.R. Ay Atika Suryodilogo yang memamerkan enam koleksi batik tulisnya seperti Sari Makara Uneng, Sari Makara Uneng Latar Mekarsari, Sestra Lukita, Renyep Ceplok Garuda Retno, dan Parang Ceplok Wilaya Kusumajana.

Selain itu, adik tiri Sri Sultan HB X GBPH Prabukusumo pun juga memamerkan sejumlah koleksinya seperti motif batik Peksi Lin da Godhek Sisik. Kerabat Keraton lain yang turut ada juga GBPH Yudhaningrat, G.B.R. Ay Murdokusumo, GBPH Cokroningrat, dan B.R.Ay Hadikusumo. Sedangkan dari Pakualaman juga terdapat B.R.Ay Retnop Martani, B.R.Ay Rukmini, B.R.Ay Indrokusumo, B.R.Ay Jurumartani, dan B.R.Ay Tjondrokusumo.

PRIBADI WICAKSONO

Sumber : http://www2.tempo.co/read/news/2012/04/29/200400475/Keraton-Yogyakarta-Pamerkan-Koleksi-Batiknya

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...