Selamatkan Indonesia

Saturday, January 26, 2013

Laporan : Batik Sasambo dari NTB Go Nasional

Batik Sasambo Cetak
Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB mengklaim telah berhasil menasionalkan batik Sasak Samawa Mbojo (Sasambo). Wisatawan domestik dari berbagai daerah Indonesia sudah banyak yang memesan batik bercorak tiga etnis di NTB itu. PNS lingkup Pemprov NTB dan kabupaten/kota juga sudah menjadikan batik sasambo sebagai seragam kerja. Ini cukup membanggakan, sehingga ke depan harus terus digaungkan.

"Dulu, kita bercita-cita ada batik yang bercorak NTB. Setelah dilaunching batik Sasambo, sekarang malah permintaan cukup tinggi. Masyarakat NTB juga tidak malu menjadikan souvenir batik Sasambo kepada para wisatawan, baik local maupun international," kata Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, MA, saat acara tasyakuran dan apresiasi VLS 2012, Bulan Citra Budaya (BCB) ke-19 dan HUT NTB ke-54 di Hotel Lombok Raya Mataram, Selasa (18/12) malam.

Majdi menuturkan, beberapa SMK di NTB juga saat ini memasukkan kurikulum cara membatik batik Sasambo. Sekolah tersebut juga banyak sekali mendapatkan order pembuatan batik Sasambo. Para siswa sendiri yang mengerjakan order itu sembari mereka belajar. Diharapkan ke depan akan lahir para maestro yang membuat design dan corak batik Sasambo. Selanjutnya, tinggal bagaimana batik Sasambo tersebut dapat memberikan dampak yang significant terhadap daerah, khususnya masyarakat NTB.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan lanjut Majdi, yakni bagaimana produk lokal ini dapat dipatenkan. Karena, saat ini sebanyak 4.500 produk local asal NTB yang dipasarkan di Bali. Tidak sedikit dari produk local asal NTB itu diclaim milik Bali. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak lama, karena NTB sendiri megabaikan hal itu. Adanya hak paten, maka produk NTB tidak lagi diklaim daerah lain.

Sumber : http://www.globalfmlombok.com/content/ntb-berhasil-nasionalkan-batik-sasambo

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...