Selamatkan Indonesia

Sunday, March 18, 2012

Makna Corak/Motif Batik


BERAGAM MOTIF BATIK, BERAGAM PULA ARTINYA

Batik Indonesia yang berasal dari berbagai daerah memiliki beragam motif yang berbeda-beda. Dalam setiap motif batik dan warna batik Indonesia tersebut terkandung makna dan filosofi yang berbeda-beda sehingga setiap motif batik memiliki arti masing-masingSemua motif itu pasti ada asal-usulnya sendiri sesuai dengan filosofinya daerahnya.
Berikut contoh beberapa motif batik yang ada beserta artinya.

Batik Truntum


Trutum memiliki arti menuntun. Oleh karena itu, motif batik truntum sering dikenakansaat upacara pernikahan, terutama untuk orang tua pengantin. Motif ini merupakan salah satu motif batik yang sangat digemari masyarakat.

Batik Parang



Motif batik ini berasal dari kata "batu karang" dan "barong" yang artinya singa. Parang barong merupakan parang yang paling besar, agung, dan sakral. Motif inihanya digunakan di kalangan Keraton untuk acara-acara besar dengan makna agar seorang raja selalu hati-hati dan dapat mengendalikan diri.

Batik Tambal



Tambal artinya menambal atau memperbaiki hal-hal yang rusak. Dulu, kain batik dengan motif ini dipercaya bisa membantu penyembuhan orang sakit, dengan cara menyelimutinya dengan kain batik ini.

Batik Babon Angrem


Kain batik ini melambangkan seekor ayam betina yang sedang mengerami (angrem) telurnya dengan penuh kehangatan dan rasa sayang. Penggunaan pada ibu yang sedang hamil menandakan kasih sayang sang ibu pada anaknya.
Batik Sekar Jagad



Artinya melambangkan ungkapan cinta dan untuk memelihara perdamaian. Batik ini sangat cocok dikenakan pada saat ini, di mana perdamaian telah menjadi barang yang mahal.

Batik Sido Asih



Motif geometris yang berpola dasar bentuk segiempat ini memiliki arti keluhuran.Dengan mengenakan batik motif ini maka orang ini memiliki pengharapan dan kebahagiaan dalam hidupnya.


0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...