Selamatkan Indonesia

Tuesday, December 20, 2011

Batik Khas Kabupaten Lumajang Mulai Dipromosikan



(detiksurabaya/Santi Rahayu)


Lumajang - Batik khas Kabupaten Lumajang, merupakan salah-satu produk unggulan asli Kota Pisang. Untuk menarik minat pasar, batik khas Kota Pisang ini akan dipromosikan dalam pameran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat provinsi di Tulungagung, mulai 15 November sampai 19 November.

"Diperkenalkan produk batik khas Kabupaten Lumajang dalam pameran KIM agar produk batik tulis asli Kota Pisang bisa dikenal masyarakat luas," kata Kasi Informasi Bagian Humas Pemkab Lumajang Yuli Harismawati, Rabu (16/11/2011).

sentra pengerajin batik Lumajang yang sedang gencar dipromosikan, berada di Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono dengan Batik Sekar Agung dan Batik Girli. Kemudian, di Kecamatan Padang dengan Batik Kilbi, dan motif Batik lainnya dari Kecamatan Yosowilangun dan Kunir.

"Saat ini juga ada motif batik khas lain yang dikembangkan dengan produk batik dari Kecamatan Yosowilangun. Ini potensi khasanah budaya Batik yang patut dikembangkan dan disebarluarkan potensinya melalui perkenalan ke daerah lain," ujar Yuli Harismawati.

Untuk ciri khas batik tulis khas Lumajang, tambah Yuli Harismawati, belum ada ciri khas yang bisa dicontek oleh daerah lain. Karena, motif-motif yang ada merupakan khas Lumajang-an.

"Namun para pengerajin sudah berkarya dan melakukan inovasi-inovasi terhadap motif-motif batik yang akan menjadi ciri khasnya. Untuk batik yang berasal dari Desa Kebon Agung, Kecamatan Sukodono, para pembatik lebih menonjolkan motif-motif pisang, namun mereka belum mematenkan produk tersebut. Demikian pula batik dari Kecamatan lain, seperti Yosowilangun dan Kunir," jelas Yuli.

Keragaman khas motif batik inilah, yang diharapkan bisa diperkenalkan kepada masyarakat luar Kabupaten Lumajang melalui pameran KIM.

"Selain batik, ada beberapa produk unggulan lain seperti pisang agung, pisang mas kirana, kerajinan perak dan masih banyak produk-produk olahan lain, yang diikutkan dalam pekan KIM yang diselenggarakan secara rutin setahun sekali oleh pemerintah propinsi Jatim," tambah Yuli.

(bdh/bdh)

Sumber http://surabaya.detik.com/read/2011/11/16/124337/1768468/1066/batik-khas-kabupaten-lumajang-mulai-dipromosikan 

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...