Selamatkan Indonesia

Wednesday, December 21, 2011

Padu Padan Busana dengan Batik Keris

Siapa yang tak tau dengan batik Keris? Batik Keris merupakan salah satu produsen batik yang sangat terkenal di Indonedia dan berasal dari Solo. Batik Solo memang memiliki ciri khas dan salah satu produk andalannya adalah batik Keris.

Batik saat ini sudah menjadi tren setter berbusana di Indonesia. Bahkan, batik sudah dijadikan sebagai busana nasional bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengenakan batik, dari anak sekolah dasar hingga pekerja kantoran juga mengenakan batik. Batik Keris yang menjadi salah satu ikon batik nasional pun ikut menyumbangkan kreasi batiknya untuk Indonesia.

Batik Keris yang berpusat di Solo, tepatnya di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah merupakan salah satu produsen batik terbesar di Indonesia. Sudah banyak kain batik Keris yang dipasarkan oleh rumah produksi batik ini. Tidak hanya untuk regional pulau Jawa, batik Keris sudah merambah sampai ke luar pulau Jawa. Bahkan sampai ke wilayah Indonesia bagian Timur. Jenis kain batik Keris pun beraneka ragam, mulai dari batik Keris tulis, batik Keris cap, sampai batik Keris lukis.

Batik Keris tersebut tidak dijual-belikan dalam bentuk selembar kain saja. Batik Keris tersebut juga mereka sulap menjadi beranekaragam model busana. Aneka busana berbahan batik Keris memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas yang paling mencolok adalah dari corak motif yang diciptakan para pengrajin batik Keris. Anda bisa memilih busana batik Keris dengan corak motif yang klasik dan juga bisa memilih busana batik Keris dengan motif dan warna yang lebih modern.
Padu Padan Busana dengan Batik Keris

Busana dari batik Keris memang sangat menarik perhatian, ditambah lagi dengan aneka model busana batik Keris yang dibuat lebih modern. Jadi, model busana batik Keris tidak monoton sehingga dapat diaplikasikan dengan model busana lainnya seperti model dress, kasual, formal, dan sebagainya. Batik Keris juga tidak hanya bisa dikenakan untuk acara formal, seperti busana kantor, tetapi busana batik Keris bisa dikenakan di segala suasana.

Busana batik menempati hati semua masyarakat Indonesia. Hal ini juga ditunjang dari inovasi yang diciptakan dalam perkembangan busana batik. Kita bisa lihat sudah banyak model busana batik yang modis-modis dan elegan, tidak hanya model kemeja. Begitu juga dengan batik Keris, sudah banyak yang dimodifikasikan modelnya. Bahkan, batik Keris bisa dipadupadankan dengan bahan dan model desain yang lain.

Padu padan busana dengan batik Keris bisa menambah variasi model busana batik Keris. Batik Keris tidak hanya dibuat dengan model kemeja atau blus, tetapi batik Keris juga bisa digunakan untuk membuat busana pesta, pelengkap busana kebaya, bahkan untuk acara santai seperti hang out dengan teman-teman.

Anda bisa melihat berbagai model busana padu padan dengan batik Keris di sketsa mode batik. Jika bisa menciptakan model padu padan busana dengan batik Keris, tak ada salahnya Anda coba karena siapa tau model rancangan Anda menjadi tren meskipun hanya untuk lingkup keluarga dan kerabat. Bukan tidak mungkin model padu padan busana dengan batik Keris juga bisa dijadikan sebagai lahan bisnis busana batik Keris kontemporer.

Bosan dengan model busana yang itu-itu saja? Anda bisa memadupadankannya dengan batik Keris. Batik Keris bisa dipadupadankan dengan bahan yang lain seperti katun polos, shiffon, tafeta, sutera, organdi, dan masih banyak yang lainnya. Modelnya pun juga bisa dipadupadankan dengan model busana yang lain, seperti model busana padu padan batik Keris untuk gaun pesta. Anda bisa menggunakan bahan shiffon dengan kain batik Keris atau menggunakan kain sutra dengan kain batik Keris. Begitu juga jika ingin membuat model busana padu padan dengan batik Keris yang lainnya.

Model busana apa saja yang bisa dipadupadankan dengan batik Keris? Berikut beberapa model dan jenis busana yang bisa dipadupadankan dengan batik Keris.

    Busana Pesta. Untuk busana pesta, Anda bisa menggunakan bahan lembut seperti shiffon dan sutera. Model busananya pun bisa dikreasikan dengan berbagai model, seperti model potongan di dada, bagian atasnya bahan shiffon dan bagian bawahnya batik Keris. Bisa juga menambahkan aksen bahan shiffon yang transparan untuk lapisan luar model dress. Batik Keris juga bisa dipadupadankan dengan bahan brokat dan katun Jepang polos.

    Busana Kantor. Busana kantor dengan mengenakan batik bisa dimodifikasi dengan padu padan batik Keris. Model busana yang cocok untuk kantor yaitu berupa blazer lengkapi dengan kemeja katun polos berdetail ruffles di leher. Batik Keris bisa dibuat dengan model rompi panjang tanpa lengan dipadukan dengan blus lengan panjang polos bahan satin lengkap dengan aksesoris ikat pinggang.

    Busana Kebaya. Kebaya saat ini sudah umum dikenakan dengan batik, tak terkecuali dengan batik Keris. Kebaya bisa Anda kenakan dengan menggunakan rok batik Keris atau kain batik Keris. Model kain batik Keris yang dibuat bisa berbentuk A line, model ½ clock, atau model kain lipit yang dililitkan di pinggang. Kebayanya pun bisa dibuat dengan kain batik Keris. Untuk padanannya, gunakan rok lipit polos dengan corak batik Keris di bagian pinggiran bawahnya saja sehingga tidak terkesan ramai.

    Busana Santai. Anda ingin punya rok santai dengan padu padan batik Keris? Anda bisa mendapatkannya. Batik Keris bisa dipadupadankan dengan bahan jeans, seperti rok jeans model tumpuk batik Keris atau jeans yang dibuat dengan model garis vertikal yang dipadukan dengan batik Keris. Untuk atasannya, bisa memadukan batik Keris dengan katun polos di bagian kerah atau lengan.

Tips Kain Batik Keris Tahan Lama

Bagi yang menyukai batik Keris, sudah tentu memiliki berbagai koleksi busana batik Keris, bukan? Nah, tahukah Anda jika kain batik Keris perawatannya tidak sama dnegan jenis bahan yang lainnya? Salah satunya adalah jangan mencuci kain batik Keris dengan deterjen. Anda pasti tidak mau bukan jika koleksi busana batik Keris cepat rusak atau cepat pudar? Terutama bila kain batik Keris yang digunakan adalah kain batik Keris tulis. Anda harus hati-hati merawatnya. Apa saja tips yang harus dilakukan supaya kain batik Keris tahan lama dan awet?

    Jangan mencuci kain batik Keris Anda dengan deterjen. Cucilah kain batik dengan sampo rambut. Caranya larutkan sampo hingga tak ada lagi bagian yang mengental. Setelah itu, baru kain batik Keris dicelupkan. Anda juga bisa menggunakan sabun pencuci khusus untuk kain batik yang dijual di pasaran.

    Ketika mencuci, jangan digosok atau diperas. Jika kain batik Keris tidak terlalu kotor, Anda bisa mencucinya dengan air hangat. Tapi, jika batik terkena noda, Anda bisa mencucinya cukup dengan sabun mandi. Ketika menjemur, jangan diperas apalagi dikeringkan dengan mesin cuci. Cukup di ayun-ayunkan dal langsung dijemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

    Hindari menyetrika kain batik Keris secara langsung. Jika kain terlalu kusut, Anda bisa semprotkan air di atas kain batik lalu lapisi batik Keris dengan kain lainnya. Hal ini untuk menghindari kain batik terkena panas langsung dari setrikaan.

    Jika ingin memberi pewangi dan pelembut kain pada batik Keris Anda, jangan disemprotkan langsung. Sebelumnya, tutup kain dengan koran, lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain. Jangan menyemprotkan parfum atau minyak wangi langsung ke kain batik Keris.

 Sumber : http://www.anneahira.com/batik-keris.htm

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...