Selamatkan Indonesia

Thursday, December 29, 2011

Batik Tidak Hanya untuk Pakaian

Batik adalah salah satu sumber kreativitas yang sangat luas. Mulai dari perancang busana, pengusaha interior, sampai dengan perajin kecil asesoris atau pernak-pernik hiasan, mereka semua dapat memanfaatkan batik.
Para perancang begitu tergiur untuk terus mengkreasikan kain warisan budaya bangsa ini. Bahkan beberapa perancang memilih untuk mendedikasikan dirinya pada batik, salah satunya Iwan Tirta. Sosok yang tidak hanya sebagai desainer batik, tetapi juga bergerak sebagai pembatik.

Melihat perkembangan dunia fashion, kain batik pun mengalami resolusi dan tidak lagi hanya sebagai pakaian formil. Kreasi model pakaian mulai ditumpahkan para perancang untuk bersaing dan memunculkan seni batik Indonesia di dunia internasional.

Tidak hanya kain batik yang dapat dijadikan pakaian. Anne Avantie baru-baru ini meluncurkan inovasi berupa pakaian yang dibuat dari limbah kain batik. Kain sisa yang selayaknya dibuang, berhasil dijadikan karya yang berkualitas.

Peluang batik untuk dikenal hingga ke luar negeri pun sangat besar. Mengingat banyaknya ragam motif yang menyiratkan warna-warni keindahan budaya nusantara, sangat layak jika batik begitu digemari warga asing.
Kreativitas para perancang membuat pakaian batik menjadi bernuansa elegan, sekaligus modis. Berbau eksotis, tapi modern. Tidak hanya digunakan untuk kalangan aristokrat, tetapi juga masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Eits, perlu digaris-bawahi bahwa batik tidak hanya identik dengan pakaian. Taukah Anda bahwa batik juga bisa digunakan untuk pemanis interior ruangan atau mempercantik penampilan Anda lewat pernak-pernik hiasan?

Seperti yang dilakukan Arini Soendjojo pemilik Rini Sari Handicraft yang mengemas batik menjadi interior. Mulai dari bantal lantai, bantal kursi, seprei, gorden, hiasan dinding hingga bedcover.
Berkat keunikan usahanya, wanita asal Yogyakarta tersebut dapat memetik hasil manis. Hampir setiap bulan, ribuan lusin produknya berhasil dipasarkan kepada konsumen di Tanah Air dan mancanegara seperti Singapura, Inggris, dan Australia.

Selain Arini, masih banyak lagi orang yang memiliki kreativitas dalam menciptakan produk berbahan dasar batik. Ada tas, penghias rambut, jilbab, sepatu dan masih banyak yang lain.

Sebuah upaya yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Semakin maraknya kreasi produk berbahan batik, apalagi jika bisa dipasarkan ke luar negeri, akan membuat citra Batik Indonesia semakin diakui dunia.

http://batikindonesia.com/batik-tidak-hanya-untuk-pakaian/909
gambar http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQZd7kaLGAE_NmfMatvqnZH11SQ16EdJwHDvoLRjsmM-y8GsVYKLVdc4TIxwQ

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan Sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...