Selamatkan Indonesia

Friday, December 2, 2011

Motif Batik Cianjur (Batik Beasan)


Motif padi

Dinas Koperasi Kabupaten Cianjur bekerjasama dengan Kementerian Koperasi
Indonesia, menyelenggarakan acara pendidikan dan pelatihan keterampilan teknik vocational kerajinan batik.
Dengan adanya diklat ini diharapkan para pengrajin bisa lebih mahir lagi dalam pembuatan batik serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi para pengrajin perbatikan asli Cianjur.
Perwakilan Kementerian Koperasi Indonesia Agus Muharam dalam pemaparannya mengatakan, bagi pengrajin atau siapapun yang ingin berhasil di bidang usaha, khususnya pengrajin batik, maka dituntut ulet, sabar dan memahami lima hal.
Kelima tips itu antara lain, harus punya sikap yang kuat dalam menghadapi berbagai situasi, memiliki pengetahuan melalui pendidikan formal maupun non formal, mimiliki bekal ilmu dari kursus yang bersifat keterampilan.
Selanjutnya, networking atau memiliki jaringan yang baik misalnya banyak silaturahmi, dan pandai memanfaatkan kesempatan.

Sastrakusumah memperlihatkan batik beasan
Ketua Silk Solution Center (SSC) Cianjur, yang juga Ketua Koperasi Batik Beasan Cianjur Harry M Sastrakusumah, mengungkapkan Cianjur sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat memiliki berbagai seni budaya, salah satunya batik khas Cianjur.
Karya ini memperkaya tatar sunda khususnya Jawa Barat. “Ciri khas batik Cianjur ini mempunyai motif beras, yaitu setiap motif batik ada unsur berasnya, sebagai ciri khas Cianjur dengan beras pandanwangi,” ujarnya. Menurutnya, sedikitnya ada enam kelompok dari enam kecamatan yang mengikuti diklat batik ini. Masing-masing Kecamatan Sukaluyu, Karangtengah, Bojongpicung, Pacet, Campaka, dan Cianjur. “Setelah selesai pelatihan ini, masing-masing kelompok membuat batik khas Cianjur,” imbuhnya.
motif kembang contreng
Dia berharap, batik beasan Cianjur dapat berkembang pesat baik di tingkat kabupaten, provinis dan nasional. Bahkan, tingkat internasional. “Dari mulai saat ini dan seterusnya, kami akan kembangkan batik khas Cianjur baik pemasaran dan produksi,”
Batik beasan sendiri telah dipatenkan menjadi salah satu motif dari Cianjur dimana terdapat dalam motif batik ada unsur padi seperti daun, beras, maupun padi.
http://www.radarsukabumi.com/

1 komentar:

Kritik dan Sarannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...